Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenang Nokia 6210, hape kenangan tahun 2000



Entah kenapa akhir-akhir ini agak malas membuat cerpen bahkan untuk membuat lanjutan Kekasih dari alam kubur part 7 entah kenapa lagi tidak mood. Mendingan nulis suka-suka saja deh, misalnya hape jadul Nokia 6210. Bagi yang belum tahu ini penampakannya.


Oh maaf, itu penampakan tetangga sebelah. Ini hapenya.


Melihat tampangnya maka  mirip dengan Nokia 6110 yang rilis setahun sebelumnya. Bedanya Nokia 6210 sudah tidak ada antena luarnya. Nokia seri 6xxx sendiri tidak memiliki ukuran yang kecil seperti seri 8xxx. Eh, sudah pernah lihat Nokia 6110 belum? Kayaknya belum ya, kok sama.

Dalam hal fitur, karena ini peningkatan dari ponsel sebelumnya maka Nokia 6210 dibekali dengan spesifikasi yang sangat canggih karena inikan upgrade. Sangat canggih untuk jamannya lho.

Salah satu fitur canggih itu adalah ponsel ini mampu menyimpan kontak telepon, jadi bukan lagi cuma di simcard. Hebatnya lagi hape ini bisa menampung 500 kontak dan tiap kontak bisa menyimpan tiga nomor. Mantap banget, karena rata-rata ponsel saat itu hanya mampu menyimpan satu nomor telepon per kontak. Ini melegakan karena kita tidak perlu bawa buku catatan kalo misalnya nomor kontak teman lebih dari 50 yang tidak muat di simcard.

Kegunaan bisa menyimpan banyak kontak bisa untuk membedakan seseorang biarpun namanya sama, misalnya Sisca yang harganya 300 ribu sama Sisca yang sejuta, eh ~

Ini yang membedakan Nokia 6210 dengan Nokia 3210 sebelumnya, padahal rilisnya tahun yang sama pada 1999. Mungkin karena beda harga dan segmen kali ya sebab ponsel ini memang untuk kelas menengah saat itu.

Jika Nokia 3210 dibanderol 1,2 juta rupiah maka Nokia 6210 harganya dua kali lipat yakni 2,5 juta. Mungkin kalo sekarang itu paling kurang dari sebulan gaji, tapi saat itu gaji UMR Jakarta saja 225 ribu rupiah, kerja setahun tanpa makan dan minum atau puasa baru bisa beli nih gadget. 

Sependek ingatanku sih, teman ku tidak ada yang punya hape ini, kalaupun punya ponsel paling Nokia 3310 yang harganya hampir sama dengan Nokia 3210.

Nokia 6210 dirilis untuk menambal kelemahan dari Nokia 7710 dan 6110 yang rilis tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya itu bukan 2021 tapi 1998 ya.

Kekurangan dari Nokia 6110 adalah adanya antena luar yang cukup mengganggu.


Selain itu, ada juga konektivitas infra merah yang waktu itu sudah merupakan fitur canggih. Dengan fitur ini maka kita bisa tuker-tukeran file media seperti seperti ringtone, wallpaper, atau video 3gp Miyabi. Eh ~

Putar musik MP3 saja ngga bisa apalagi video.

Yang lebih canggih adalah hape Nokia 6210 ini bisa dijadikan modem laptop, sangat jarang hape yang bisa dijadikan modem lho. Sudah begitu, ada fitur HSCD (High Speed Circuit Data) yang bisa mempercepat koneksi internet sampai kecepatan 1 Gbps. Eh salah ding, sampai 43 kbps. Lambat ya?

Tahun 2000, kecepatan internet di Indonesia mentok cuma 16 kbps doang, dengan fitur ini bisa sampai 3x lebih cepat, cuma sayangnya jarang yang pakai buat modem, harga data internet saat itu di dihitung per kilobyte, dan harganya Rp 10. Jadi misalnya mau download satu lagu ukuran 2 MB, itu kena pulsa 20 ribu, apalagi kalo ukurannya lebih besar, modyar.

Selain itu, hape legendaris ini memiliki beberapa fitur standar Nokia seperti  jam alarm, tiga game (Snake 2, Pairs II dan Opposite), kalkulator, aplikasi daftar tugas, kalender, perekam suara, dan stopwatch. Pasti familiar dengan game snake ya, bahkan versi android nya juga ada buat nostalgia.

Demikianlah, dengan harga yang mahal maka jarang yang punya ponsel ini. Mungkin teman-teman ada yang punya saat itu? Bagikan pengalaman di kolom komentar ya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

58 komentar untuk "Mengenang Nokia 6210, hape kenangan tahun 2000"

  1. Tahun 2000 saya belum punya HP, jadi meski dulu juga pengguna Nokia, saya kurang hapal dengan tipe-tipe nya. Tahun 2006 pertama kali punya HP, Nokia juga sih, tapi lupa tipenya. Tapi ingat tahun 2011 pernah punya Nokia Express Music.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru punya hape tahun 2006 mbak, itu juga Nokia 3310 belinya seken 500 ribu.πŸ˜‚

      Hapus
  2. kemaren nyariin nokia jadul 300rb tu kemahalan gk ya kak kacau niih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung tipenya sih mbak, kalo Nokia N95 ya enggak mahal apalagi kalo masih normal semua.πŸ˜„

      Hapus
    2. bekas o kak 😒🎢😒

      Hapus
    3. Memang hp Nokia jadul ya bekas, kecuali Nokia Android.πŸ˜…

      Hapus
  3. Ayo bikin kelanjutan cerpen kekasih dari alam kubur, hidupkan kembali Kal-El dgn darah perawan dari gunung tengkorak 🀣

    Ngomong2 soal hp aku lupa thn berapa pertama kali punya hp yg jelas hidupku terbalik, pertama beli hp canggih (bulat bawahnya, yg saudaranya nokia ketupat) habis itu aku beli hp jadul layar hitam putih, kebalik kan? 🀣

    Soal data inet jaman skrg perhitungannya seperti apa, kalo ga salah masih sama deh harga normalnya (tanpa kuota) per KB = Rp 50. Jaman dulu mgkn blm ada istilah paket kuota?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya ada lanjutannya tapi di blognya Jaey zona.🀣

      Nokia yang bawahnya bulat paling Nokia 6600, mungkin setelah itu beli Nokia 3310 ya kang 🀣

      Data internet sekarang perhitungan satu paket, misalnya 25 GB 25 ribu.πŸ˜…

      Hapus
    2. Entahlah 3310 atau berapa tapi lumayan ada radionya bisa dengerin lagu dari radionya πŸ˜…

      Hapus
    3. Oh berarti bukan Nokia 3310 soalnya tidak ada radionya. Kemungkinan Nokia 2300 itu soalnya layar masih hitam putih, kalo sudah warna tapi ada radionya Nokia 2310. Bedanya cuma di layar warna doang.🀣

      Hapus
    4. Sepertinya ada warnanya sedikit, tulisan nokianya warna biru dan berjabat tangan warna kuning, selain itu hitam putih 🀣

      Mas kok bisa ingat ya seri2 hp 🀣

      Hapus
    5. Berarti itu Nokia N95 kali ya.🀣

      Dulu kadang beli tabloid pulsa agar tahu hape baru apa saja yang keluar, tapi beli mah kagak.πŸ˜‚

      Hapus
    6. Bukan, itu sdh betul sekitar kepala 2000an, kemungkinan 2900, ada ga nokia 2900 πŸ˜…

      Hp kecil2 begitu awet, awet pulsa, awet baterai, baterainya cocok buat dipasang di 6600 πŸ˜…

      Hapus
    7. Ngga adalah, soalnya seri 2xxx Nokia itu paling Nokia 2730, Nokia 2800 ngga ada apalagi 2900.πŸ˜‚

      Kemungkinan Nokia 2310, soalnya pakai baterai BL5c, bisa buat Nokia 6600, 7610, tapi ngga bisa buat Nokia 3310, 6210 soalnya jadul

      Hapus
    8. Mungkin Nokia 2700 yang bawah agak bundar dan ada radionya dan beterai sama kayak 6600

      Hapus

    9. Mungkin juga Hp mainan yang cuma ada radionya..🀣🀣🀣

      Hapus
    10. Benar juga, bisa jadi hapenya nemu pas banjir ya.πŸ˜‚

      Hapus
    11. atau tempat minum yang bentuknya hape, waktu TK ada yang bentuknya begitu tempat minumnya πŸ˜‚

      Hapus
  4. Jadi teringat Nokia pertama saya yang ada antenanya di tahun 2000-an, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow mantap tahun 2000 sudah punya hape, kalo aku sepertinya masih main layangan.πŸ˜‚

      Hapus
  5. jaman dulu punya hape ini udah bagus banget ya mas, tapi kalo sekarang udah ketinggalan banget keknya :D.. gw pertama kali punya hape nokia yang udah simbian, jadi yang jadul banget agak kurang paham :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun 2000 kalo punya Nokia 6210 itu seperti sekarang punya iPhone 13 max pro, soalnya harganya sekitar segitu kalo lihat dari besaran gaji UMR Jakarta.πŸ˜€

      Hapus
  6. o ini hape yang bisa buat ngelempar doi kalao kita lagi gregetan ya mas Agus? hehe, salam mas lama ga nimbrung nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada mas Supri, lama tidak nongol ya mas.πŸ˜„

      Hapus
  7. kemarin Miss Grand International nyenggol Miss Universe
    bilang kalau MIss Universe itu kayak Nokia
    udah jadul dan ga jaman wkwkwk
    eh ada postingan ini
    emang klo inget nokia jaman dulu itu gimana gitu
    apalagi klo ngomongin download lagu kayak barang mevvah
    makanya di mall dulu ada konter yang jual downloadan
    belum lagi yang masukin chord gitar buat ringtone
    dih itu teknologi jadul tapi berkenang banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tahun 2000-2005 itu punya hape yang udah layar warna, ada kamera dan bisa putar MP3 itu mewah banget, soalnya memang harganya itu 10x UMR Jakarta.😁

      Hapus
  8. Alm papaku pertama kali punya hp Nokia yg antena, tp bukan tipe 6110, ada tipe lain, dan itu aku kelas 2 SMP wkwkwk.

    Jaman dulu emang Nokia merakyat banget, aku terakhir pegang Nokia C3 yg udah symbian dan bisa WhatsApp juga, abis itu baru ninggalin Nokia hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Nokia 5110 kali ya mbak, berarti sebelum tahun 2000 itu mah, mungkin sekitar tahun 1945.πŸ˜…

      Hapus

  9. Dulu trend pada zamannya...Meski awal beredar gue nggak sanggup beli.😁😁 Karena telepon rumah sama Wartel masih tetap ada kala itu.. Jadi urusan komunikasi yaa masih tetap pake kartu nama sama Notel dulu sewaktu masih kuliah..


    Sampe temen kampus mulai pada punya, Termasuk Ericsson sirip Hiu yang jadi pesaingnya, Gue tetap nggak tertarik sama tuk merek Nokia 6210...Yang ada dalam Khayalan gue dulu cuma Motorolla dan Siemens...Alasannya karena lebih murah...Nokia bekas seken 500 reboo...Siemens sama Motorolla cuna 250 reboo...Sisanya malah bisa buat bayar Kost sama pacaran dengan siAnu..🀫🀫🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang Nokia dari dulu sekennya mahal ya, padahal kualitasnya sama dengan Ericsson atau Motorola. Aku juga pindah dari Nokia ke Sony Ericsson karena lebih murah tapi lumayan bagus hapenya.😁

      Hapus
    2. Motorollanya dari nemu hanyut 🀣

      Hapus
    3. Itu mah Siemens kali, kalo Motorola kang satria itu tipe Razr yang legendaris

      Hapus

    4. Siemens Huuu...Yang nemu..🀣🀣🀣🀣 Suuueee.🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Setelah nemu Siemens yang hanyut, nemu lagi rongdo hanyut ya kang.🀣

      Hapus
  10. Masa-masa jaya Nokia, rasanya "cool" banget menggenggam Nokia.
    Saya tuh lupa seri berapa aja, tapi cukup lama dengan merek yang satu ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang dulu kalo bukan dari Nokia rasanya kurang cool ya mbak, biarpun hapenya di masukkan dalam coolkas.πŸ˜‚

      Hapus
  11. Saya mulai pakai hp 2002. Nokia sebesar lengan. Beratnya 1/4 kilo. He he .... Sayangnya saya tak paham typenya. Yang jelas saat itu sekalian pulsa 100rb, 2, 7 juta. Sampai2 minjam koperasi, demi untuk mrmudahksn hubungan dengan anak yang masih kuliah. Mereka tak punya hp. Yang penting mak bapaknys. Supaya mudah dihubungi kapan minta uang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hape apa ya, kemungkinan Nokia 3650 kali ya Bu.

      Demi anak maka sampai pinjam koperasi ya Bu.πŸ˜€

      Hapus
  12. Balasan
    1. Klo Pak Tanza hp pertamanya apa 🀣

      Hapus
    2. Jaey> Nokia, kalau tak salah.....
      terakhir di Indonesia tahun 2005

      Hapus
    3. Wah lama juga tahun 2005, habis itu pakai Motorola kah? πŸ˜„

      Hapus
  13. Zaman doeloe bangga deh punya HP Nokia :D Iya, mahal bener dulu mah abis kan kita taunya rata2 merk ini doang yang wow di antara merk2 lain hehehe. Permainan ular2an yang paling sering aku mainin saat senggang, lainnya ga hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalo pegang hape Nokia rasanya bangga soalnya harga lumayan mahal ya mbak.
      Kalo itu game snake mbak, itu memang game legendaris.πŸ˜€

      Hapus

    2. Emang dulu Nokia selalu jadi kebanggaan anak2 UP yang mbak Nurul....Cuma gue doang yang pake Nokia dapat pinjam dari sianu..🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  14. Pertama pegang handphone Nokia 6233 dan itu juga boleh nemu di jalan.. wkwkwk

    Konon katanya Nokia seri 6 itu handphone uji coba, benar ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sama dengan kang satria dong, cuma dia Nemu Siemens.🀣

      Kurang tahu juga mas, mungkin juga hape uji coba di bikini bottom.πŸ˜‚

      Hapus

    2. Sama dong Huu...Mudah2han nanti bisa nemu perawan hanyut yee Huu..🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Kalo perawan hanyut tapi punggungnya bolong gimana kang.🀣

      Hapus
  15. Ya ampun hp Nokia, dulu tuh orang yang punya HP gini udah kek sultan banget, pacar punya HP 3310 di saat yang lain masih jarang punya HP, tiba-tiba dia jadi makin ganteng aja gitu keliatannya hahaha,

    BalasHapus
  16. Ingatanku parah kalo soal model hp sbnernya. Harus liat gambarnya dulu baru tau pernah pake ATO ga 🀣. Tapi liat Nokia seri 6 ini kok kayak ga inget yaaa. πŸ˜…. Kayaknya blm pernah pake. Tapi Nokia dulu itu bentuknya mirip2 sih, trus angkanya juga mirip, paling beda di belakang2nya doang 🀣.

    Makin pusiiiiing aku mengingat mana yg pernah dipake πŸ˜….

    BalasHapus
  17. mbul nda pernah punya yang tipenya dah disebutkan mas agus di atas

    kalau ibu aku iya...biasanya Mbul pinjam buat mainan ular mas

    kalau hape pertama mbul sonny ericson dan nokia yang dah sentuh..yang apa ya tipenya lupa aku, itu beli pake duit gaji pertama waktu masih kinyis kinyis kerja pertama kali di jekardah di mol taman anggrek wkwkkw

    BalasHapus